A Life Journal.

Sunday 25 March 2018

Vendor: Catering

 credit: inform

Vendor yang menurut banyak orang paling penting dalam pernikahan adalah catering. Catering mungkin salah satu item yang paling akan diinget (dan diomongin) sama tamu undangan dan akan menjadi pos pengeluaran terbesar dalam pernikahan. Jadi harus bijak dalam memilih katering.
Baca: Step #1 (most crusial): Budgeting

Baca: Vendor: Photography

Beberapa catering yang sempet jadi kandidat aku sebetulnya cuma 2 sih karena pas dikasih list pilihan sama WO, aku cuma kenal dua soalnya aku jarang banget merhatiin catering di undangan orang-orang.

Jadi, list pilihan dari WO aku sebetulnya ada banyak (based in Bandung ya), diantaranya:
  • Zhafira Catering
  • Asparagus Catering
  • Samudra Catering
  • Pola Catering
  • KDM Catering
  • Heni Catering
  • Soewardono Catering
  • Destiny Catering
Dari list ini yang aku udah sering banget cobain dan bahkan dari dulu mamaku nikah sampe tante-tante aku pake destiny catering. Destini catering kayanya udah legend banget di Bandung. Rasanya oke, harga oke, menunya juga banyak dan variatif ga itu-itu doang.

Kandidat satu lagi adalah samudra catering karena aku cukup sering browsing-browsing mengenai review pernikahan dan nama samudra catering cukup sering disebut.

1. Destiny catering
Kantornya terletah di jalan srimahi, kebetulan dekat sama rumah aku. Pembagian porsi di catering ini adalah 70% buffet, 30% stall, 80% dessert

Beberapa minggu yang lalu saya datang ke undangan temen yang kebetulan pakai catering destiny dan menunya pun persis sama yang mau saya ambil. Presentasinya oke, rasanya oke, kebersihan pun cukup oke.

2. Samudra Catering
Awal mula tau catering ini adalah dari review-review di blog orang dan ternyata dia ada didalam pilihan WO aku juga. Pembagian porsi dari catering ini kalau gasalah 100% buffet, 50% stall, 100% dessert. Catering ini juga kerjasama sama vendor decor. Jadi dia decornya dari vendor lain. Ini sih yang bikin pertama aku lirik catering ini karena my shallow mind berpikir bahwa dekor yang jadi satu sama katering pasti dekornya alakadarnya, jadi denger samudra ini dekornya sama vendor lain saya tertarik (padahal belom pernah nyobain cateringnya juga).


Karena saya belum pernah cobain, sama WO saya dan mama diajakin test food di salah satu undangan client mereka yang pakai catering ini. Pas pertama masuk ke gedungnya, saya langsung ngerasa "kok gini ya dekornya" tapi pas nanya ke teteh teteh WO, dia bilang ini pilihan pengantinnya jadi ya kita mau gimana juga. Oke, subjektif kan ya selera. Terus mulai cobain makannya, kalau buat saya biasa aja sih, kalau di banding destiny menurut saya masih enak destiny. Terus yang bikin saya kurang srek adalah presentasi makanannya dan piring-piring mangkoknya. Kayak kurang oke aja ntah kenapa. Pokoknya aku kurang srek deh. Abis pulang test food ini langsung WA tetehnya bilang mau pakai destiny aja. Secepat itu menentukannya..

Aksen decoration yang kerjasama sama samudra



Diluar catering ini sebetulnya ada catering-catering high-end yang lagi hits di bandung diantaranya:

  • Zulfa catering
  • Miniti catering
  • Celdi catering
Tapi karena ga sesuai sama budget, mari kita skip aja ya.

Abis nentuin catering, yang pastinya lebih krusial adalah nentuin berapa porsi. Buat jaman sekarang, mungkin menurut saya udah ga valid cara nentuin: jumlah undangan x 2. Lebih baik dihitung dengan detail perkiraan dalam satu undangan berapa orang yang akan datangnya. Untuk saya sendiri, kemungkinan walau undangan kira-kira 500, porsi katering akan lebih dari 1000 karena rata-rata untuk keluarga yang diundang minimum udah bertiga sama anak yang datang, tapi kalau semua dikali tiga pun akan kebanyakan banget. Mama saya selalu bilang, kalau di undangan, makanan di stall abis itu udah wajar, tapi kalau di buffet habis, wassalam. Jadi kalau mau tambah porsi pun akan saya tambah di buffet. Kalau di stall mah mau ditambah berapa juga akan tetep abis-abis aja.

Jadi, pastiin perhitungan porsinya bener-bener.
Kindly share your thoughts !
Post a Comment

Custom Post Signature

Custom Post  Signature