A Life Journal.

Friday 6 April 2018

Most Fun Part: HONEYMOON PLANNING!

source: honeymoonalways

Part yang paling saya tunggu-tunggu setelah (nantinya) melewati segala hingar-bingar persiapan pernikahan dan segala dramanya adalaaaaah *drumrolls* honeymoon! Liburan pertama berdua gituloh sama pasangan baru. Karena ini akan menjadi liburan berdua pertama saya sama pasangan, maka buat saya ini harus direncanakan dengan sematang-matangnya (dan seromantis mungkin lol).
Baca: Step #1: The most crusial: Budgeting!
Baca: Vendor: Photography

Mari kita mulai planning ((kita))

Pertama: Sebelum ini itu, pasti kita harus punya tujuan dulu akan kemana liburan honeymoon ini. Karena saya dan calon pasangan saya kerja kantoran, maka nggak mungkin kalau kita memilih liburan keliling eropa selama 3 minggu (padahal emang ga ada aja uangnya). Kemungkinan opsi yang ada yang sesuai dengan kriteria saya (banyak tempat kuliner, wisata budaya, alam, namun romantis) dan bisa bentar doang adalah …. Bali (klasik abis). Jadi, dari perusahaan kita dikasih jatah libur 3 hari. Kebetulan di weekend tanggal nikahan saya, hari jumatnya llibur sedangkan nikahnya hari minggu jadi saya ngga perlu cuti sebelum hari h, cutinya saya pakai di belakang aja untuk liburan biar agak panjang hehe. Rencana saya adalah ke bali selama 4 hari, pergi senin pagi, pulang kamis sore. Jumat sabtu bisa ngaso deh atau nginep-nginep dulu di rumah mamah baru.

Kesimpulan: Honeymoon ke bali: pergi senin pagi – pulang kamis sore

Kedua: Setelah tau tanggalan, berikutnya adalah cari tiket pesawat! Katanya kalau carinya dari jauh-jauh hari, harganya lumayan jauh lebih murah jadi budgetnya bisa dipake yang lain deh. Dari semenjak kuliah saya udah pengalaman sih berburu tiket pesawat, tapi liatnya selalu di satu-satu website. Jadi akhirnya suka keder sendiri “eh tadi yang mana yah yang paling murah?”, “eh tadi jam berapa ya yang ini?” Lalu sering berakhir beli yang tidak optimal (read: ga paling murah dan jamnya ga paling strategis). Setelah googling untuk menghindari demikian, saya akhirnya nemu skyscanner. DI skyscanner ini bahkan diatasnya dikasih tulisan gede-gede untuk harga termurah, waktu tercepat, dan terbaik yang merupakan kombinasi keduanya. Buat saya yang pengen hemat ini, tulisan termurah jelas-jelas sangat menarik dong. Dan lagi, disini udah rangkuman semua maskapai jadi ga ada lagi drama-drama sendiri “eh tadi yang mana yah yang paling murah?”, “eh tadi jam berapa ya yang ini?” karena udah tinggal diliat doang semuanya dibandingin dalam satu page. Kalau waktu dulu, website garuda Indonesia adalah hal yang haram buat saya (sugesti bahwa garuda adalah pasti mahal), sekarang saya bisa liat disini bahwa tiket pesawat garuda Indonesia ga selalu mahal seperti sugesti saya karena dipampang juga diantara tiket-tiket lain. Kalau pilihnya round-trip, disitu udah dipasang-pasangin, jadi udah tinggal klik doang. Setelah saya liat-liat, saya akhirnya sampai pada..

Kesimpulan:
Pergi naik lion air jam 12.00-14.45 (pas datang udah bisa check in)
Pulang naik garuda jam 13.20-14.15 (pas waktu check out)

image source: coveteur

Ketiga: Adalah nentuin mau di hotel mana kita akan bermalam. Karena tadi saya cari tiket di skyscanner, sekalian saya cari hotel disini juga, karena ternyata dia juga bisa cari hotel dengan rate terbaik (gitu anggepan saya awalnya). TAUNYA DIA BANDINGIN HARGA DARI SEMUA SITE PENYEDIA BELI HOTEL DONG. Saya jadi bisa liat paling murah beli di site mana HUHUHU KU TERHARU. Disini saya sort berdasarkan rating dari tamu, bintang hotel, dan tentu saja batasan harga. Setelah liat-liat, akhirnya saya memutuskan untuk booking beberapa hotel aja pindah-pindah biar cobain suasana berbeda.

Kesimpulan: Booking beberapa hotel biar suasananya beda-beda lewat skyscanner biar bisa tau beli darimana yang paling murah hehe

image source: cnn (Courtesy Four Seasons)

Keempat: Ini gaboleh kelewat, sewa mobil! Emang sih nyari disana langsung juga bisa, tapi kan ribet ya mana saya gatau harga pasaran juga jadi bisa rawan dikasih harga turis. Enaknya kalau semua udah diprepare dari sini kan disana udah tinggal caw ga mikir ini itu-lagi. Kebetulan aku liat lagi di skyscanner ada dong persewaan mobil huhu sumpah ku bahagia. Disini bisa pilih mau mobil apa, dan seperti hotel bakal diliatin harga-harga per vendor penyedia.

Kesimpulan: Booking mobil mini dari pas sampai ke bali dijemput di airport sampai pulang dikembalikan lagi di airport

image source: express.co.uk

Setalah persiapan penting selesai, tinggal bikin list mau kemana aja deh tanpa harus rempong-rempong mikirin hal lain disana!

Summary tips planning liburan:
Pesen tiket liburan
Pesen hotel
Pesen sewa mobil
Bikin itinerary
Paling enak pesennya di situs kaya skyscanner gitu jadi bisa liat perbandingan harga di tiap website dan tinggal dipilih pesen dimana yang paling murah jadi uangnya bisa dialihkan untuk yang lain (belanja maksudnya). Menghindari penyesalan di akhir juga sih pas tau ternyata ada site yang menyediakan harga lebih murah.

Happy Holiday!

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh ID Corners dan Skyscanner.

6 comments on "Most Fun Part: HONEYMOON PLANNING!"
  1. Semoga lancar mba pernikahannya dan terwujud honeymoonnya :)

2. bacanya plannya jadi ikut happy hehehe. happy honeymoon....

3. Seru banget sih planning honey moon-nya :D
    Saya masih di tahap planning acara, jadi lagi ribet-ribetnya hehehe

Salam kenal yaa!

blog.rainhanifa.com

1. Duh saya juga sebenernya masih ribet-ribet planning acara, tapi refreshing dulu lah jadinya bikin planning honeymoon. Salam kenaal