A Life Journal.

Monday 24 December 2018

Review Vendor Pernikahan (Bandung)


Setelah dulu awal bikin blog semangat untuk nulis per vendor pernikahan, kok ya lama-lama males. Lalu malah berakhir gantung, gajelas jadi nikah atau ngga. FYI, saya tetap jadi nikah ya walaupun post persiapannya mandeg. Karena lama-lama kesel liat tag wedding preparation saya gantung, akhirnya saya merasa saya harus membuat closure, walau udah telat 4 bulan.

Tapi bikinnya disekaligusin aja di satu post karena mager bikin banyak-banyak se-detail dulu. Jadi disini saya bakal jembrengin review dari vendor yang saya pake doang, bukan perbandingan-perbandingan kayak di post sebelum-sebelumnya.

*semua vendor ada link ke IGnya ya in case ngga keliatan linknya soalnya warnanya saru sama tulisan lain

1. Venue - Graha Tirta Siliwangi, Jalan Lombok no. 10 Bandung



Ini tempat yang saya pakai untuk melangsungkan hajatan pernikahan saya. Terletak di tengah-tengah kota Bandung dengan akses yang mudah. 

Apa yang bikin saya pilih gedung ini?
  • Akses mudah (di tengah-tengah) dan ga ribet carinya
  • Gedungnya lumayan luas untuk kisaaran 1200an tamu undangan
  • Langit-langitnya tinggi. Ini point banget untuk saya karena saya pernah beberapa kali kondangan ke gedung jang langit-langitnya rendah. Kalau AC super banyak sih ga masalah ya, tapi kalau perbandingan AC, ventilasi, dan jumlah undangannya ga sebanding sih malah jadi fail banget, eungap sis. Makanya pas liat gedung ini langit-langitnya tinggi, saya langsung srek.
  • Ada kaca di sekeliling langit-langit jadi ga gelap. natural lighting gitu lah lebih seger
  • Ada kolam ikan sebagai connecting dari hall 1 ke hall 2
Minusnya gedung ini:
  • Parkir terbatas jadi tamu harus pada vallet (Seinget saya dulu pernah kondangan temen saya disini jasa valletnya 35k) 
Untuk kisaran harga di gedung ini sekitar 50 jutaan. Di gedung ini biasanya dipakai untuk 2 acara dalam satu hari, malam dan pagi. Jadi kalau acaranya pagi dan malam ada yang booking, bisa jadi agak buru-buru bongkar decornya.


2. Decoration - Yapandra decoration



Awalnya bingung cari decor walaupun dari catering udah ada decor, tapi decornya standard banget, untuk di gedung yang agak luas, kayaknya bakalan sepi sehingga harus nambah decor. Mulailah tanya-tanya harga vendor decor kawakan di Bandung macam Galeni, Ratu decor, Rafafi. Tapi abis tanya langsung pusing karena biasanya harga decor start from 50 juta. Agak sayang aja si masa decor seharga gedung kan. 

Akhirnya dikasi rekomendasi sama WO, ada decor baru Yapandra decor punya mas Hendra. Langsung dikenalin dan orangnya ramah banget nget nget. Sangat helpful dalam memberi masukan, dan yang terpenting... harganya miring jauh dibanding dekor-dekor yang tadi saya sebut diatas namun dengan hasil yang memuaskan. Berikut contoh-contohnya.





3. Catering - Destiny


Baca juga: Vendor: Catering

Mon maap banget rupanya nggak ada fotonya jadi saya comot dari IG aja ya


Seperti di post sebelumnya tentang pencarian catering, catering pilihan saya jatuh kepada destiny. 
Kenapa? 
  • Harga masuk budget yang pasti
  • Rasa cocok di lidah saya dan keluarga
  • Menu nya juga bervariasi mengikuti tren masa kini
Sales personnya juga ramah dan membantu, ngasih bonus lontong kari untuk pas akad dan beverage teh kopi juga. 

Menu-menu yang saya pilih antara lain (kalau nggak salah)
-Stall
  • Mongolian Lamb
  • Chicken Cutlet Tartar Sauce
  • Spaghetti Aglio
  • Salmon en croute
  • Empal Gentong
  • Siomay Bandung
  • Tom yum
  • Salad Bar
-Buffet
  • Nasi putih
  • Nasi goreng Destiny
  • Kakap Horenzo
  • Lidah keju saus putih
  • Sop Dumpling
  • Ca Kailan Tofu Daging Sapi
  • Beef & Cheese Potato
  • Kerupuk & sambal acar
  • Air Mineral
-Dessert
  • Lava cake
  • Rujak
  • Pudding
  • Cakes
  • Thai tea! (addict tea - ini yang paling saya suka)
Untuk pembagian catering seperti yang sudah saya jelaskan adalah 100 buffet : 30 stall : 70 dessert. Untuk jaga-jaga saya nambah porsi di buffet.

4. Fotografi - Nesnumoto



Nggak usah pakai foto lah ya karena semua foto yang saya post disini sudah barang tentu jepretan nesnumoto hehe.

Ini vendor yang emang udah saya kecengin dari sebelumnya dan kebetulan ada di salah satu pilihan dari paketan wedding dari WO saya. Untuk hasilnya saya puas sih, cocok sama selera saya. Fotografer yang kebetulan in charge di acara saya adalah Mas Rezza, dia juga yang foto waktu prewedding. Orangnya asik, dan helpful banget. Kebetulan dari paketan pas siraman & pengajian juga dapet jatah foto.



Yang include di vendor ini adalah
  • Make up CPW pengajian, siraman, akad, resepsi 
  • Baju lengkap CPP dan CPW akad dan resepsi
  • Make up ibu saat acara
  • Sinjang orang tua (ibu & bapak)
  • Beskap bapak & selop
  • Bouquet
Berhubung saya banyak maunya, saya bikin baju sendiri untuk akad dan resepsi tapi suami saya tetap sewa. Kalau di gallery nggak ada yang sesuai, kita bisa cari lagi dei vendor lain dan harga kita di potong atau bisa juga jadi bayar setengah-setengah sama vendor ini. 

Untuk make up saya puas banget sama hasilnya. Nggak menor, tebel sih emang tapi jatohnya natural. Puas pokoknya.



6. Baju CPW - Modes Pak Uloh


Baca juga: Dream Designer

Dari dulu saya emang seneng banget belanja kain kebaya. Awalnya mau sewa aja buat nikah karena mikirnya nanti ga akan kepake lagi tapi pas lagi belanja kain buat seragam, liat-liat kain kebaya kok kayanya lucu-lucu. Akhirnya beli lah kain kebaya, yang udah ada payetnya jadi gausah mayet lagi (karena mahal bok masang payet kebaya). 

Untuk kebaya akad saya jahit di ... Tau penjahit ini karena waktu lamaran saya beli kain di d'fashion terus dikasih tau penjahit ini dan hasilnya cocok. Jadinya pas akad jahit lagi di dia. 

Untuk resepsi saya jahit di Pak Uloh. Ini penjahit udah terkenal dari jaman mama saya. Lokasinya di dalem gang sih agak susah carinya kalo yang belum tau, tapi hasilnya bener-bener enak dan ngepas di badan. Disini saya jahit kebaya se-mata kaki (karena saya nggak suka kebaya yang menyapu lantai, kesannya riweuh dan sayang aja kainnya) dan request ke Pak Agusnya (penjahitnya) nanti model kebayanya harus bisa dipotong jadi pendek biar tetep kepakai untuk acara kondangan. Harga jahit disini juga terbilang sangat murah dibanding dengan desainer-desainer kebaya kekinian dengan hasil yang nggak kalah bagus. Cuman harus bisa aja jelasin se detail-detailnya mau kayak gimana hasilnya.

7. Acara adat - Inten Dewangga



Untuk vendor acara adat awalnya saya asal pilih dari pilihan yang dikasih tau sama WO karena emang ga ngerti juga. Liat di IGnya ini oke juga. Lalu dipilihlah vendor ini. Pas meeting koordinasi, Mas Angganya sendiri yang datang, menjelaskan dengan detail prosesi adat sunda nya (karena saya emang pakai adat sunda) dan bisa disesuaikan dengan keinginan juga. Pas acara saya, saya nggak mau pakai lengser yang model ambu-abah itu yang pakai bercanda-bercandaan karena suasananya jadi kurang khidmad. Juga saya pas sungkeman pakainya formasi jawa.





8. Undangan - mightymanz



Untuk undangan ini saya nggak pake paketan dari WO. Saya order sendiri ke temen kuliah saya karena dia design-designnya saya suka banget waktu jaman nge BEM. Desainnya saya yang request ke dia, minta ini-itu tapi budget terbatas hehe. Tapi dia bisa maksimalin dari budget saya. Request-request saya juga bisa diikutin sambil ngasih masukan bagusnya gimana. Ini vendor terjauh saya sih, dia basenya di Surabaya. 



9. Souvenir - Jakkob.ind



Souvenir ini yang bikin adalah teman kantor saya namanya Adio yang emang orangnya hobby banget bikin barang aneh-aneh. Kebetulan saat saya mau hajatan, dia lagi hobby bikin kerajinan kulit.  Saya pas liat produk-produknya dia langsung suka. Minimalis, terlihat elegan, dan oke. Pas saya tanya dia apa dia bersedia bikin dalam jumlah banyak, dia mau walaupun sebelumnya belum pernah nerima order, dan sekalinya nerima order dalam jumlah banyak. Saya pesen ke dia dari 6 bulan sebelumnya karena pengerjaannya manual by hand banget. Hasilnya oke banget sih menurut saya

10. Entertainment - Harmonic Music & Bandnya Obby




Vendor ini juga saya kurang saya pilah pilih karena ngga terlalu ngerti. Dikasih pilihan sama WO nya, lalu berbekal kepo di IG saya pilih vendor ini karena penyanyinya suaranya enak. Saya minta formatnya akustikan aja biar suasananya santai. Lagu-lagu request saya pun dinnyanyikan semua. Over all saya suka. 


Saya juga dapet tambahan entertainment karena adik saya anak band. Dibawa lah band dia dan temen-temennya. Lagu-lagu request saya juga dibawakan dengan enak. Suara penyanyinya enak, bandnya pun bagus. Walau masih anak-anak SMA mereka profesional banget loh.

11. MC - Dody 3D



Pemilihan MC ini sebetulnya gambling karena saya sama sekali nggak ngerti dunia per-MC-an. Kepo dari IG pun terbatas karena banyak yang IGnya ga ada pas dia lagi nge MC. Pilih Mas Dody ini karena saya sering denger aja namanya di Hard Rock FM. Awalnya mertua saya (camer waktu itu) agak takut MCnya nanti jadi heureuy dan bikin acara nggak formal, tapi ternyata pas hari H acara bisa dibawakan dengan lancar dan enak. Formal dan bercandaan sesuai sama tempatnya.

12. Wedding Organizer - Bright Wedding Planner



Ini adalah vendor paling penting dalam keberlangsungan acara pernikahan saya. Saya tau vendor ini dari instagram. Liat feednya kece juga, langsung saya email ke contact personnya. Dua hari kemudian saya langsung dikirimi harga-harga paketan dan langsung dihubungi langsung lewat WA. Saya ambil paketan full package dengan beberapa modifikasi: upgrade catering dan take out 2 vendor (souvenir dan undangan). Paket WO ini juga mencakup acara pengajian dan siraman (minus catering)

Person in charge di acara saya namanya Mbak Gita. Mbak Gita ini orangnya friendly dan ramah banget. Semua-semua keperluan udah dia yang ngatur pokoknya. Dari pengaturan meeting dengan vendor-vendor lain dibikinin jadwalnya dalam 1 hari karena saya kerja diluar kota biar ga cuti-cuti terus, ditemenin fitting baju, diingetin daftar KUA (bahkan mau ngurusin tapi saya udah diurusin sama Pak RW saya), sampe meeting-meeting keluarga juga diurusin. Mau cari baju pre-wedding juga dibantuin, cari beskap CPP di tempat lain karena di vendor kerjasama ga ada yang cocok juga dibantuin sampe nemu, pokoknya segala beres deh.

Acara juga berlangsung dengan sangat mulus menurut saya dan komentar para tamu-tamu yang hadir. Pas waktu acaranya, WO yan bertugas ada 10 orang dengan tugas masing-masing dan memastikan acara berjalan lancar. Pas hari H udah ga pusing lagi mikirin apa-apa pokoknya. Dapat bonus nginep di Amaroosa juga hehe lumayan.

Saran: Kalau gamau ribet atau tinggal di luar kota kayak saya mending ambil yang full package karena udah ga harus pusing mikirin apa-apa lagi. Tapi kalau emang banyak mau, mungkin bisa ambil yang di hari H aja.


Kisaran budget pernikahan saya: 200 - 350 juta (acara hari H saja)

Baca juga: Budget Planning


Sekian review vendor pernikahan saya! Kalau ada yang mau ditanya-tanya boleh langsung di comment.
Kindly share your thoughts !
Post a Comment

Custom Post Signature

Custom Post  Signature